Login Member
Username:
Password :
Jajak Pendapat
Bermanfaatkah Website sekolah bagi anda
Ragu-ragu
Tidak
Ya
  Lihat
Statistik
Visitors : 154532 visitors
Hits : 1532 hits
Today : 12 users
Online : 1 users
:: Kontak Admin ::

info@smpn1sukodono-lmj.sch.id
SKODSA Chat in

Info :

Berikan Saran dan Komentar Anda dengan baik dan sopan. Terima Kasih.

Sosialisasi PERMENPAN bagi warga sekolah

Tanggal : 08/16/2009, 12:38:37, dibaca 673 kali.

Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen menyatakan bahwa pendidik dan tenaga kependidikan sebagai tenaga yang profesionalisme memiliki hak untuk mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan tugas dan prestasi kerjanya. Untuk menjadi tenaga yang professional sebagaimana yang diamanatkan oleh undang-undang, guru harus memiliki kompetensi serta mengembangkan profesionalitas dan kinerja sejalan dengan pengembangan profesi dan kariernya sebagai upaya untuk meningkatkan mutu guru secara berkelanjutan.


Dalam permenpan dan RB Nomor 16 tahun 2009 tentang jabatan funsional guru dan angka kreditnya, dalam pasal 1 ayat (1) menyebutkan bahwa jabatan fungsional guru adalah jabatan fungsional yang mempunyai ruang lingkup tugas, dan tanggungjawab dan wewenang untuk melakukan kegiatan mendidik,mengajar,membimbing,mengarahkan ,melatih,menilai dan mengevaluasi peserta didik pada anak usia dini , jalur pendidikan formal,pendidikan dasar,dan pendidikan menengah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang diduduki oleh pegawai negeri sipil. Sedangkan dalam ayat (7) menyatakan bahwa pengembangan keprofesian berkelanjutan adalah pengembangan profesi guru yang dilaksanakan sesuai dengan,kebutuhan,bertahap,berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya,guna meningkatkan karier,seorang guru dalam mencapai pangkat lebih tinggi.


Dengan demikian guru harus menguasai dan mempunyai kemampuan dalam menulis karya ilmiah, sehingga pada saat diberlakukan permenpan dan RB Nomor 16 tahun 2009 guru telah memilki kesiapan agar Peningkatan kinerja guru serta peningkatan karier tidak terhambat.


Upaya yang dilakukan oleh SMP Negeri 1 Sukodono untuk meningkatkan kompetensi Pendidik tentang penilaian kinerja guru(PKG) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) serta Penerapan model-model pembelajaran , adalah merencanakan suatu program yang berorientasi pada peningkatan kompetensi guru melalui workshop model-model pembelajaran dan sosialisasi permenpan dan RB Nomor 16 tahun 2009 bagi guru – guru di Lingkungan SMP Negeri 1 Sukodono.


Tujuan dilaksanakannya workshop ini :



  1. Meningkatkan pemahaman terhadap permenpan dan RB nomor 16 tahun 2009 tentang jabatan fungsional guru dan penilaian angka kreditnya.

  2. Meningkatkan profesionalisme guru-guru di SMP Negeri 1 Sukodono dalam melaksanakan model- model pembelajaran di kelas.

  3. Hasil yang diharapkan Adanya peningkatan kompetensi guru SMP Negeri 1 Sukodono dalam hal :



  • Memahami berbagai peraturan dan kebijakan yang berkaitan dengan pembinaan dan peningkatan profesionalitas guru

  • Memahami tentang mekanisme dan prosedur Penilaian Kinerja Guru.

  • Memahami tentang mekanisme dan prosedur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

  • Memahami isi dokumen yang terkait dengan Penilaian Kinerja Guru.

  • Mampu mengidentifikasi aktifitas guru yang signifikan terkait dengan kinerjanya.

  • Dapat mengamati kinerja guru dan berdasarkan hasil pengamatannya dapat memberikan rekomendasi/ saran perencanaa Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

  • Mampu memberikan rekomendasi sumber- sumber belajar yang dapat digunakan oleh guru dalam peningkatan kompetensinya.

  • Mampu menterjemahkan hasil pengamatan kinerja guru kedalam bentuk angka berdasarkan kreteria/ indikator tiap kompetensi.

  • Dapat melakukan penilaian kinerja guru secara obyektif, jujur, dan efektif.

  • Mampu menerapkan model-model pembelajaran di kelas secara professional


 Hasil yang diharapkan Meningkatnya kompetensi guru-guru SMP Negeri 1 Sukodono dalam :



  1. Memahami berbagai peraturan dan kebijakan yang berkaitan dengan pembinaan dan peningkatan profesionalitas guru

  2. Memahami tentang mekanisme dan prosedur Penilaian Kinerja Guru.

  3. Memahami tentang mekanisme dan prosedur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

  4. Memahami isi dokumen yang terkait dengan Penilaian Kinerja Guru.

  5. Mampu mengidentifikasi aktifitas guru yang signifikan terkait dengan kinerjanya.

  6. Dapat mengamati kinerja guru dan berdasarkan hasil pengamatannya dapat memberikan rekomendasi/ saran perencanaa Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

  7. Mampu memberikan rekomendasi sumber- sumber belajar yang dapat digunakan oleh guru dalam peningkatan kompetensinya.

  8. Mampu menterjemahkan hasil pengamatan kinerja guru kedalam bentuk angka berdasarkan kreteria/ indikator tiap kompetensi.

  9. Dapat melakukan penilaian kinerja guru secara obyektif, jujur, dan efektif.

  10. Menerapkan model-model pembelajaran di kelas secara professional.



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
Komentar FB
Komentar Standar

Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :
 
Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas