Login Member
Username:
Password :
Jajak Pendapat
Bermanfaatkah Website sekolah bagi anda
Ragu-ragu
Tidak
Ya
  Lihat
Statistik
Visitors : 156314 visitors
Hits : 98 hits
Today : 42 users
Online : 4 users
:: Kontak Admin ::

info@smpn1sukodono-lmj.sch.id
SKODSA Chat in

Info :

Berikan Saran dan Komentar Anda dengan baik dan sopan. Terima Kasih.

Ada 2 macam sumber yang memberikan rumusan tentang ekstra kurikuler, yaitu :

1. SK Dirjen Dikdasmen Nomor 226/C/kep/O/1992

Berdasarkan SK tersebut dirumuskan bahwa, ekstrakurikuler adalah kegiatan di luar jam pelajaran biasa dan pada waktu libur sekolah yang dilakukan, baik di sekolah ataupun di luar sekolah dengan tujuan untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan siswa mengenal hubungan antara berbagai pelajaran, menyalurkan bakat dan minat, serta melengkapi upaya pembinaan manusia seutuhnya.

2. lampiran SK Mendikbud Nomor 060/U/1993, Nomor 061/U/1993 dan nomor 080/U/1993.

Berdasarkan ketiga lampiran SK Mendikbud tersebut dikemukakan, bahwa kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang diselenggarakan diluar jam pelajaran yang tercantum dalam susunan program sesuai dengan keadaan dan kebutuhan sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler berupa kegiatan pengayaan dan kegiatan perbaikan yang berkaitan dengan program kurikuler.

Memperhatikan kedua sumber tersebut, ada perbedaan rumusan dalam kalimat. Tetapi makna yang terkandung di dalamnya adalah sama.

Kedua-duanya menekankan bahwa kegiatan ekstrakurikuler mengacu pada mata pelajaran dalam rangka pengayaan dan perbaikan, serta dalam usaha pembinaan manusia atau upaya pemantapan pembentukan kepribadian para siswa.

Dari kedua rumusan tentang ekstrakurikuler tersebut diatas, ekstrakurikuler sebagai salah satu jalur pembinaan kesiswaan mempunyai peranan utama sebagai berikut :

  1. Untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan para siswa dalam arti memperkaya, mempertajam, serta memperbaiki pengetahuan para siswa yang berkaitan dengan mata pelajaran sesuatu dengan program kurikulum yang ada. Kegiatan ini dilaksanakan melalui berbagai kegiatan seperti lomba karang – mengarang, baik yang bersifat esei, yaitu yang berkaitan dengan mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, maupun lomba tulisan yang bersifat ilmiah, seperti : penemuan melalui suatu penelitian maupun hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan penelitian lainnya. Masalah pencemaran lingkungan, narkotika dan sebagainya.
  2. Untuk melengkapi upaya pembinaan, pemantapan dan pembentukan nilai-nilai kepribadian para siswa. Kegiatan semacam ini dapat diusahakan melalui PPBN. Baris-berbaris, kegiatan yang berkaitan dengan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, latihan-latihan kepemimpinan dan sebagainya.
  3. Disamping berorientasi kepada mata pelajaran yang diprogramkan dan usaha pemantapan dan pembentukan kepribadian siswa, banyak kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler lain yang diarahkan untuk membina serta meningkatkan bakat, minat dan keterampilan. Hasil yang diharapkan kegiatan ini tidak lain ialah untuk memacu anak ke arah kemampuan mandiri, percaya diri, dan kreatif.

Selain OSIS sebagai induk kegiatan ektrakurikuler di sekolah, kegiatan ektrakurikuler lainnya adalah :

a. Bidang Akademik

- Matematika

- Fisika

- Biologi

- Bahasa Inggris

- Karya Ilmiyah Pelajar

b. Bidang Non Akademik

- Bola Basket

- Bola Volli

- Sepak Bola

- Bulu Tangkis

- Robotika

- Taekwondo

- Pencak Organisasi

- Tari

- Tartil Qur’an

- Teather

- Drum Band

- Catur

- Pecinta Alam

- Bridge